Wednesday, January 13, 2016

Survei Opini Firefox Berhadiah iPhone 6

Survei Opini Firefox Berhadiah iPhone 6 - Ketika sedang membuka salah satu halaman website berita tiba-tiba saja muncul jendela pup-up yang menyatakan "Selamat kepada pengguna Telkom ! anda telah terpilih secara pribadi untuk berpartisipasi dalam survei pengunjung tahunan 2015 kami! beri tahu kami apa pendapat anda tentang Firefox, dan sebagai ucapan "Terima Kasih", anda akan terimalah Apple iPhone 6 Plus!". Pertanyaanpun muncul di benak ketika itu, benar atau tidak apa yang saya baca ini, terlintas dalam pikiran, ah ini pastinya penipuan berkedok hadiah. Meski begitu tidak ada salahnya saya mencoba untuk mengetahui lebih pasti apa yang diinginkannya.





Dari tampilan pop-up tersebut sudah disertai dengan pertanyaan pertama dari empat pertanyaan (seperti pada gambar di atas), pertanyaan pertama adalah tentang Firefox, yaitu Seberapa sering anda menggunakan Firefox? ada tiga pilihan jawaban yaitu, sepanjang waktu, kadang-kadang dan tidak pernah. Saya memilih sepanjang waktu, kemudian klik Berikutnya. Pertanyaan kedua dan ketiga saya lupa apa yang telah saya jawab, yang jelas bahwa saya masih menjawab semua pertanyaan dengan jujur.

Sampai kepada pertanyaan yang keempat yaitu, Seberapa sering anda menggunakan internet? saya menjawab dengan jujur, yaitu untuk jawaban setiap hari.
Setelah pertanyaan keempat ini ada sebuah tombol besar bertuliskan Mengklaim Hadiah Saya Sekarang. Saya klik pada tombol Mengklaim Hadiah Saya Sekarang. Setelah klik tombol tersebut, ternyata langsung berpindah pada wesite dengan alamat url berbeda dari sebelumnya. Saya lupa alamat sebelumnya firefox.blablabla.com namun setelah di klik tombol tadi berpindah ke alamat www.indo-kupon.com

Pada jendela indo-kupon tersebut muncul pilihan hadiah favorit yaitu Apple iPad Air, Samsung Galaxy S6 dan Apple iPhone 6S, dan saya memilih Apple iPad Air. Setelah klik itulah muncul berbagai pertanyaan tentang data pribadi, dan di antara pertanyaan tersebut ada, nomor telpon, ada alamat email, dan ada nomor kartu kredit. Sampai di sini saya tetap mengikuti mengisi semua data, namun data yang saya masukan adalah data ngawur alias data tidak  benar. Meski data tidak benar proses itu terlewati dengan mulus. Nomor telpon saya isi dengan 0812345678 dan nomor karti kredit saya isi dengan 23456783435 dan semua diterima.


Sampai di situ saya sudah tidak percaya lagi dengan apa yang ditawarkan pada jendela web tersebut, dan langsung saya tutup karena saya pikir ini hanyalah sebuah janji palsu yang hanya untuk menjebak setiap pengguna internet yang tidak paham untuk menyerahkan data pribadi kepada pihak yang tidak berkepntingan dan nantinya bisa disalahgunakan.

Artikel ini sengaja saya tulis agar pengguna internet lainnya yang mungkin pernah mengalami seperti yang saya alami bisa sharing, apakah program ini benar adanya ataukah benar ini hanya penipuan (menurut saya). Karena setelah saya mencaritahu dengan googling ternyata sudah banyak yang pernah menemukan seperti ini dan mereka rata-rata sudah menyerahkan data pribadi mereka sampai ke nomor kartu kredit. Semoga mereka tidak dirugikan.

Pesan saya, bahwa apapun yang ditemukan di dunia maya atau internet sebaiknya jangan mudah percaya karena, tetapi lakukan dulu penelitian dan pembuktian dengan cara googling tentang kebenaran program yang ditawarkan tersebut. Apabila belum ada saksi yang menyatakan bahwa itu benar adanya maka sebaiknya hindari daripada menyesal kemudian. Semoga bermanfaat.

1 comment:

smart phone said...

alhamdulillah saya mendapatkan penjelasannya di sini, saya sempat kaget dengan pop up di browser mozila saya