Kecewa Belanja di Bukalapak dan Ozi84 - Awal belanja di bukalapak saya kira aman dan cukup dipercaya karena iklannya sering muncul di televisi, namun ketika belanja yang kedua kalinya kepercayaan itu sirna dan tak mungkin lagi saya belanja online khususnya di bukalapak dan juga ozi84.


Ketika melakukan pemesanan pertama kali di bukalapak, saya masih ragu apakah barang yang dikirim nantinya akan sesuai dengan yang diharapkan, apakah kondisi fisik saat diterima baik, berfungsi normal dan barangnya berkualitas, meski demikian tidak salah untuk mencoba, dan ketika pertama kali transaksi sebuah LCD Samsung S5 replika, pemesanan saya lakukan pada tanggal 23 September 2015 jam 13.10. LCD Samsung s6 replika dihargai Rp. 210.000 ditambah dengan ongkos kirim 22.000 ditambah lagi dengan kode pembayaran Rp. 786 sehingga total yang harus saya bayarkan adalah Rp. 232.786

Pembayaran saya lakukan pada hari itu juga yaitu pada tanggal 23 September 2015 jam 15.37, dan kalau tidak salah lama pengiriman menggunakan jne reg adalah 2 hari, sehingga dua hari kemudian saya terima LCD samsung s5 replika dan langsung saya pasangkan hari itu juga. LCD yang saya terima dalam kondisi baik dan berfungsi sesuai dengan yang saya harapkan. Ketika itu kepercayaan kepada bukalapan dan ozi84 bagi saya cukup meningkat, dengan demikian saya  mencoba belanja lagi di bukalapan dan pada pelapak ozi84

Pemesanan kali ini masih berhubung dengan Samsung S5 replika, saya memesan sebuah touchscreen untuk Samsung S5 tersebut. Namun ketika itu saya sedikit ragu dengan pernyataan dari pelapak ozi84 yang saya baca di bukalapak yang menyatakan bahwa "semua barang berupa touchscreen tidak ada garansi" nah di sini timbul keraguan untuk memesan, pikir saya ketika itu, jangan-jangan pernyataan ini mengindikasikan agar ozi84 bisa saja mengirimkan touchscreen yang tidak berfungsi, toh sudah ada pernyataan di bukalapak jadi ozi84 tidak akan disalahkan. Perlu saya informasikan bahwa touchscreen yang saya terima dalam bungkusan yang rapih dan kondisi baik tidak ada kerusakan saat pengiriman, meski saya sendiri tidak terlalu percaya dengan jne karena saya pernah kehilangan barang melalui kurir jne, namun saya harus jujur bahwa touchscreen yang saya terima dalam kondisi baik

Pemesan touchscreen waktu itu terjadi pada tanggal 30 September 2015 jam 17.17 dengan kurir yang sama jne namun saya pilih jne yes supaya cepat sampai, dan ternyata benar touchscreen yang saya pesan tiba keesokan harinya.

Setelah menerima touchscreen Samsung S5 replika, saya langsung pasang untuk mengetahui kondisi touchscreen itu sendiri, dan ternyata apa yang saya khawatirkan benar-benar terjadi, touchscreen yang saya pasang tidak bisa berfungsi. Kecewa, kesal, jengkel mulai muncul, namun pada akhirnya pasrah juga, toh saya sudah membaca syarat dan ketentuan dari ozi84 yang menyatakan bahwa tidak ada garansi untuk touchscreen

Kekecewaan itu semakin bertambah ketika saya berusaha menyampaikan kepada pihak bukalapak melalui email cs bukalapak bahwa barang yang saya terima tidak berfungsi dan mohon tanggapannya, namun justru email balasan dari bukalapak justru mengharuskan saya agar segera klik konfirmasi penerimaan barang, sehingga saya dengan terpaksa meng-klik konfirmasi penerimaan barang, dan di kolom konfirmasi barang diterima, ada pilihan PUAS dan TIDAK PUAS dan saya pilih TIDAK PUAS namun ternyata pernyataan itu membuat konfirmasi tidak bisa dilakukan jadi harus mengubah PUAS (meski tidak puas)

Setelah mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima, barulah bukalapak membalas email saya dan mengatakan bahwa transaksi sudah selesai sehingga dana otomatis diteruskan ke bukadompet pelapak, retur tidak bisa dilakukan karena transaksi sudah dianggap selesai. Setelah itu saya kirim kembali pesan ke bukalapak agar bisa mendapatkan nomor kontak ozi84 agar bisa menghubungi baik melalui email atau telpon, namun sampai dengan saat ini pesan tersebut bagai ditelan bumi dan tak pernah ada jawabannya.

Bagaimana dengan anda pembaca, apakah anda juga punya pengalaman seperti saya, ataukah pengalaman anda lebih baik dari saya, salahkan di share pengalamannnya di kolom komentar ya, agar setiap kali berbelanja online harus lebih berhati-hati.

2 Comments

Anonymous said…
ane juga kecewa ni sama pelapak yang namanya ozi84

ane pesan barang ke dia harusnya dia kirim menggunakan JNE YES karena ane klik JNE YES tetapi apa mau dikata dia kirimmnya pake JNE REGULER, kecewa banget gan ma ni pelapak

Sepertinya bukalapak tidak mampu menjebatani antara pembeli dan penjual, pesan keresahan ane ke bukalapak tidak dibalas. ni ozi84 juga sepertinya penjual yang kurang bersahabat, kirim pesan langsung ke dia tidak pernah dibalas

F*** bukalapak dan ozi84
Anonymous said…
Ane juga sama gan.. waduh.. baru baru ini malahan.. ane pesan LCD + TS Andromax V3S.. pas barang sampe ane langsung pasang.. eng ing eng.. buset dah.. barang mokat di kirim.. kamprett emang itu OZI84 dan bukalapak malah nerusin ke bukadompet pelapak.

ANJING BANGET ITU OZI84..