Tuesday, April 16, 2013

SMS Penipuan Lowongan Kerja Pertamina

SMS Penipuan Lowongan Kerja Pertamina
SMS Penipuan Lowongan Kerja Pertamina - Hari ini tanggal 16 April 2013 saya menerima sebuah pesan singkat (SMS) dari nomor ponsel +6281222789400, isi SMS-nya sebagai berikut "PT. PERTAMINA menerima karyawan L/P dg pendidikan D3,S1,S2 sederajat krm biodata & pas foto 4x6,no hp serta Email ke Email pt.pertaminahrd@yahoo.com"


Sebenarnya sms yang saya terima seperti ini sudah yang kedua kalinya, oleh karena sudah dua kali saya terima makanya saya mencoba mencaritahu kebenaran lewat situs resmi Pertamina, pada halaman Karir dan Peluang Karir, pada halaman situs resmi PT. Pertamina, saya tidak menemukan info lowongan pekerjaan seperti yang saya terima melalui sms, pikir saya ini mungkin sms penipuan.

Saya mencaritahu lagi melalui googling artikel tentang SMS Penipuan Lowongan Kerja Pertamina, dan ternyata memang betul sms tersebut adalah sms penipuan lowongan pekerjaan, ada yang sudah tertipu hingga 7 juta rupiah. Pelaku sengaja bergonta ganti alamat email untuk menjebak calon korbannya. Beberapa alamt email pernah digunakan adalah pt.pertaminahrd@yahoo.com, perrsero.pertamina@ymail.com, pertaminacompny@rocketmail.com. Kemungkinan masih banyak alamat email yang digunakan pelaku SMS Penipuan Lowongan Kerja Pertamina ini.

Dari informasi yang saya baca dari berbagai sumber menyatakan bahwa penipuan bekedok SMS lowongan pekerjaan PT. Pertamina Indonesia itu awal mulanya meminta mengirimkan dokumen yang diperlukan, setelah menerima dokumen yang dikirimkan oleh "calon karyawan Pertamina", pelaku penipuan meminta untuk mentransfer/mengirimkan sejumlah uang sebagai biaya administrasi.

Beberapa nama isntansi/perusahaan yang sering digunakan dalam aksi SMS Penipuan Lowongan Kerja antara lain, PT. Pertamina, PT. Premier Oil Indonesia, PT. Unilever, PT. Supraco Indonesia, PT. Central Korporindo, Petronas, PT. Freeport Indonesia.

Saya menulis artikel ini di blog pribadi saya, agar para pengguna teknologi komputer dan telepon seluler agar tidak mudah terbujuk rayuan sms maupun email yang menyatakan adanya lowongan pekerjaan di instansi/perusahaan manapun, apalagi alamat email yang digunakan adalah email gratisan. Caritahu kebenarannya lewan internet ataupun situs resmi instansi/perusahaan yang dimaksud. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pengunjung blog Hendrypiran.

4 comments:

ethon meckzitha said...
This comment has been removed by a blog administrator.
ethon meckzitha said...

sebelum membaca artikel bpak ini,, saya kemarin pada tanggal 18 mei 2013 bru saja ditipu oleh mereka,, bagian terhipnots oleh mereka,, saya saat ini sangat sekali membutuhkan pekerjaan dan pada saat saya menerima sms mengenai info lowongan kerja dari mereka maka saya langsung mengirimkan lamaran,, dan saat diinformasikan bahwa ap oleh saya di panggil untuk mengikuti tes,, saya sangat senang karena akhirnya saya mendapatkan pekerjaan tapi semua itu cuman penipuan setelah saya behasil di garap oleh mereka sebanyak 4jta rupiah,, hancur bangat mengalami hal ini,, saya masih bergantung hidup pada orang tua saya,, dan saya sangat kasihan pada orang tua saya karena demi saya,orang tua saya harus kehilangan uang sebesar itu secara sia-sia....

Belajar Ilmu Komputer said...

@Ethon, saya ikut prihatin atas kejadian penipuan sms yang menimpah anda, kejadian ini dijadikan pegangan agar tidak mudah percaya dengan bujuk dan rayuan orang lain apalagi orang yg belum dikenal. Mhn sebarkan info ini untuk kepentingan kita bersama

neo rolinson said...

saya juga menerima email balasan dari hrd premiere oil dan anehnya itu hanya kedok saja karena saya lihat alamat nya tidak cocok dengan yang tertera di website, lalu dia meminta transfer sejumlah uang... menurut saya hal ini harus dilaporkan kepada pihak yang berwajib... agar tidak ada lagi korban penipuan